Social Networking di dunia pendidikan

25 Feb 2012

my art

Di era globalisasi yang semakin lama semakin modern ini,mayoritas penduduk yang ada di dunia sudah mengenal apa yang nama nya social networking. Social networking atau yang kerap kali disebut jejaring sosial ini memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari yang bisa dibilang sebagai ”lembaga” nya masyarakat dunia melalui internet.

Penggunaan jejaring sosial bukanlah suatu hal yang istimewa untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat dan usia .

Seperti yang kita ketahui,social networking yang bermacam-macam bentuk dan tampilan yaitu Friendster, Facebook, Hi5, MySpace, Plurk, Twitter,Hello,Blog dan lainnya sangat berpengaruh besar dalam segala aspek kehidupan . Salah satu nya adalah sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan .

Social Networking di dunia pendidikan ini, sangat lah penting karena pada umum nya segala hal yang kita gunakan untuk kerja,mencari informasi dan berkomunikasi dengan guru,teman tidak lah luput dari apa yang nama nya software internet ini.

Social networking ini menjadi ”tempat” sebagai media pembelajaran yang mulai dari penugasan PR,segala informasi tentang sekolah dan segala macam tugas.Contohnya saja Facebook,penggunaan Social Networking menjadi salah satu negara dengan masyarakat pengguna Facebook yang besar ini dapat berbagi catatan,membuat suatu grup tentang sekolah (seperti grup animasi saya :D )

Menurut saya ,pemanfaatan facebook yang seperti itu,guru dapat berinteraksi lebih personal dengan siswa-siswinya, sehingga guru dapat menjadi pengarah sekaligus pengawas yang baik bagi para siswa di sekolah maupun di luar sekolah disamping tentang media saling bertukar informasi.

Social Networking dapat menjadi media pembelajaran yang baik untuk para penggunanya terutama bagi pelajar. Tetapi, faktanya masihada juga yang tidak menggunakannya untuk sarana pendidikan.Misalnya saja Facebook,banyak ditemukannya siwa atau siswi yang menggunakan fasilitas Facebook hanya untuk sekedar update status, upload foto, atau membalas comment dari temannya.

Pada akhirnya,penggunaan Social Networking ini tidak akan menimbulkan dampak yang buruk jika digunakan sebagaimana mestinya, normal, dan tidak berlebihan.


TAGS social networking dunia pendidikan jejaring sosial didunia pendidikan facebook


-

Author

Follow Me